berhubung laptop gw rusak dan laptop kantor gw dipake temen yg habis kemalingan laptop, jadilah gw yg lagi full materi (cahhh materiii emang kuliahhh) drama korea terpaksa beralih sementara ke membaca novel.

pertama kali liat novel “Pulang” ini di path temen gw, gw sengaja g nanya apapun ke dia tentang buku ini seperti “bagus g bukunya? Ceritanya gimana” engga engga gw g mau, trus pas gw ke toko buku eh udah aja ini buku ada di pajangan paling depan yg langsung gw simpulin buku ini bagus.

halaman 1 halaman 2 lanjut ke 3 trus 4 sampaiiii akhirnya kelar which is gw ngabisin waktu 12 jam baca buku ini (lebayyy sih ini, 6 jamnya dipakai tidur) novel ini sukses ngebuat gw harus ngelarin secepet mungkin karna penasaran bangetttt endingnya gimana.

jadi novel ini bercerita tentang sang tukang pukul yg memiliki darah tukang pukul dan otak cerdas serta memiliki keturunan penyebar agama islam. Dia dibesarkan oleh mafia besar, disekolahkan hingga luar negeri, diajarkan ilmu bela diri dan hal2 bermanfaat lainnya hingga akhirnya sang mafia ingin mewariskan kekuasaannya ke sang tukang pukul.

namun, kalian taulah mafia pasti punya musuh dimana2, yg ternyata salah satu musuh dia adalah org yg selama ini dekat dengan dia yg sengaja mengharapkan kepercayaan mafia kepada dia hingga akhirnya dia berkhianat.

singkat cerita, setelah sang mafia meninggal akibat perkelahian antara tukang pukul dan pengkhianat, sang tukang pukul ingin membalas apa yg pengkhianat lakukan kepada mafia yg dia udh anggap sebagai orang tua sendiri. Hingga terjadilah perkelahian yg tidak dapat dihindarkan hingga akhirnya perkelahian dimenangkan oleh tukang pukul.

kemenangan sang tukang pukul yg disebut juga babi gila membawa dia menjadi ketua mafia paling disegani, namun sang babi gila memilih kembali ke sang pencipta mengingat ibunya yang telah tiada yg selalu mengajarkan dia untuk mengaji dan tidak mengotori perutnya dengan babi dan minuman keras.

akhirnya sang tukang pukul kembali belajar agama dan kembali ke sang Pencipta dengan menerima segala keadaan dan kesedihan yg pernah dia alami.

gw ngasi review atas novel ini adalah :7,5 /10

karena

  1. Cerita yg sangat berbeda dibanding novel2 sebelumnya karya tere liye
  2. endingnya yg terlalu biasa dan bisa ketebak ngebuat gw bilang dalam hati “ini mah bukan ending tere liye bgt” terlalu biasa
  3. selalu sukses ngebuat gw g mau berenti membaca hingga halaman terakhir

so, buku ini layak untuk dibaca dan selalu, tere liye selalu memasukkan hal2 positif yg dapat membuat kita mengoreksi diri kita dan memacu untuk hidup lebih baik lagi.

good job, Tere liye πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Advertisements