Cerita ini dimulai dari rencana liburan ke luar negeri yang terdekat dari Indonesia, yang selalu dikunjungi oleh orang Indonesia ketika lagi long long longgggg weekend. Nahhh berhubung untuk ke luar negeri harus punya paspor (iya iya seumur gini gw belum punya paspor, hahaha) jadilah gw mulai gugling – gugling cari info pengurusan paspor.

Nemulah website yg dapat melakukan permohonan pembuatan paspor secara online. Sebenarnya gw janjian sama temen gw untuk mengurus paspor tapi gw sengaja g ngomong sama dia kalau pengajuan permohonannya bisa online, biar apa ? biar gw bisa sharing ke kalian semua perbedaan daftar online sama g online.

Nahh, mulai ya …

Setelah masuk website itu, kalian mengisi data-data, data diri dan orang tua, lalu verifikasi permohonan dilanjutkan dengan pembayaran. Nah karena gw mengajukan permohonan paspor 48 halaman karena pilihannya cuma ada yg 48 halaman maka biaya yang gw keluaran :

  1. Biaya pembuatan : Rp. 355.000
  2. Biaya adm bank    : Rp.     5.000
  3. Total                         : Rp. 360.000

Pembayarannya harus setor tunai ke bank BNI dengan melampirkan surat pengantar ke Bank yang di email ke email kita atas verifikasi permohonan yg kita lakukan di web online, karna kebetulan di kantor gw ada kantor kas BNI jadilah gampang banget, tinggal tinggalin uang nanti istirahat gw ambil. Ini nih penampakan surat pengantar yg diemail ke kita

surat pengantar pembayaran

Setelah pembayaran, kita nerima bukti pembayaran dari Bank BNI lalu kita konfirmasi pembayaran lagi di web online dengan memasukkan nomor jurnal kas yang tertera di bukti bayar BNI.

IMG_4896

Setelah itu, kita dapet lagi email yang harus kita print dan bawa ke kantor imigrasi yang kita pilih pada saat penginputan di website online tadi

oh iya, pada saat verifikasi pembayaran, nanti kita disuruh pilih tanggal kapan kita datang ke kantor imigrasi, nah gw waktu itu daftar online tanggal 4 April 2016 dan memilih keesokan harinya atau tgl 5 April 2016 untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi Balikpapan.

Jangan lupa pada saat datang ke Imigrasi membawa dokumen-dokumen berikut :

  1. KTP Asli dan fotocopy (kalau fotocopynya biarkan di A4 saja jangan dipotong kecil seukuran A4, katanya klo dipotong bakal ditolak disuruh copy lagi)
  2. Kartu Keluarga asli dan fotocopy
  3. Ijazah terakhir asli dan fotocopy
  4. Akta Lahir asli dan fotocopy
  5. surat pengantar yang kita udah print
  6. bukti bayar BNI

Gw waktu itu dateng kira-kira jam 8.20 pagi dan udah dapet nomor antrian 35 aja, haha sedangkan saat itu masih nomor antrian 15 jadilah nunggu kira-kira 1 jam. Ketika dipanggil nomor antrian gw, langsung ke loket dan memberikan seluruh dokumen, disitu ditanyain mau kemana dan ngapain.

Setelah itu diberikan form isian yang sebenernya formnya sama saja seperti yang saya isi di web online, jadi saya sampaikan saya kan daftar via online kok masih isi lagi? petugasnya menjawab “iya isi lagi saja” alamakkkk –” giliran temen gw ya sama aja, Jadi yah mau ngurus online mau langsung dateng ya sama aja masih harus ngisi-ngisi juga.

Setelah melakukan pengisian form, gw dapet map isinya copyan dokumen gw sedangkan aslinya dikembalikan, selain itu dapet lagi nomor antrian untuk proses wawancara dan foto.

Yang ini g nunggu lama, paling 30 menitan, dipanggil, ditanya kemana dan mau ngapain, foto, sidik jari, dan kelarrr dehh. Selain itu, petugasnya menginformasikan paspor dapat diambil 3 hari kedepan dengan membawa bukti yg petugas itu kasi. ini nih penampakan buktinya IMG_4895.JPG

Jadi bisa di ambil hari Jumat kemarin, tapiiii berhubung sibukkkk bukkk bukk jadilah belum diambil sekarang, tapi sore ini (12 April 2016) gw berencana izin untuk ngambil paspor.

Nahhh, kelar dehhhh. Intinya kalau mau cepet selesai harus :

  1. Bawa berkas lengkap
  2. Dateng pagi, kalau di Balikpapan nomor antrian udh di buka dari jam 7.30 pagi.
  3. Ngisi form cepet, jangan lelet
  4. Berpakaian rapi dan jangan pakai baju warna putih.
  5. Lincah

Udah deh, dari jam 8.20 pagi gw selesai jam 10.52, cepet kannn apalagi kalau datengnya lebih pagi yaaaaa.

 

Advertisements