Jadi ceritanya berhubung di bulan Mei 2016 terdapat 2 hari tanggal merah berturut-turut yaitu hari kamis dan jumat, maka bos gw mengusulkan untuk liburan bersama ke Singapore – Malaysia setelah sebelumnya di tahun 2015 kami berlibur ke Bromo – Surabaya. Rencananya udah dari awal tahun 2016, namun belum ngelakuin persiapan apapun.

Persiapan dimulai H-1 bulan dimana hal yang pertama gw lakuin adalah membuat passport. Seperti yang gw sebutkan di postingan gw ini, passport pun kelar dengan cepet.

Persiapan kemudian adalah mencari tiket Balikpapan-Singapore dan ternyata mahal bangettttt >.< yaitu Rp. 2,6 juta untuk satu orang dan one way. hahahaha malessss jadinya terus gw usulin untuk via batam karena harganya masih Rp. 700-an, namun karna masih pengen nyoba cari promo akhirnya tiket balikpapan-batam pun g jadi dibeli.

Udah dicoba nelpon ke tour lain-lain dan emang mahal alhasil tiket Balikpapan-Batam pun dibeli, tapi harganya udah naik jadi Rp. 1.1 jutaan per orang dan tiket Batam-Balikpapan Rp. 800-an per orang. Haha lumayan lahhhhh. Tiket pun terselesaikan.

Nah untuk hotel, bos gw ngusulin untuk nginep di hotel yang dulu pernah dia inepin juga. Arianna Hotel di Little India, alesannya kenapa bos dan istrinya milih hotel ini karena mustafa centrenya sih, soalnya emang murah dan buka 24 jam. Jadi kalau mau beli oleh-oleh bisa dilakuin di malem hari.

Untuk itinerary nya karna saya dan temen saya memilih untuk bos dan istri bos gw aja yang nentuin, maka ditetapin kita akan ke :

Day 1 :

Sentosa Island

Day 2 :

Legoland dan Johor Premium Outlet

Day 3 :

  1. Maddam Tussaud
  2. Singapore Flyer
  3. Sea Aquarium
  4. Garden By the Bay
  5. City Tour dengan travel milik Arianna Hotel.

Day 4 :

Balik Batam

Nah untuk tiket nyebrang dari Batam-Singapore dan sebaliknya setelah gw baca-baca beberapa blog traveller lebih baik untuk beli tiket nyebrang di Bandara, jangan via online ataupun di pelabuhan langsung karna harganya yang berbeda. Jadilah untuk tiket nyebrang kita belum beli.

preparationnya lebih ke itinerary sih, untuk budget awalnya gw nyediin Rp. 2.5 juta untuk SGD dan Rp. 500 untuk RMnya. Realisasinya mahhhh ehm ehm deh. haha.

 

